PENGERTIAN HUKUM ADHI

Ta’rif/Definisi Hukum Adi :

Berkata Al’imam Al Faqiih  Al Waliyyu Sholih Abu abdillah Muhamad Bin Yusuf Assanusiy Al Hasaniy, Nafa’anallah bihi wa bi uluumihi. Amiin.

واما الحكم العادي فحقيقته اثبات الربط بين امر وامر وجودا او عدما بواسطة تكرر القران بينهما على الحس

Hakikat Hukum adat adalah penemuan dua perkara yang selalu bersamaan  di lihat dari panca  indra baik ada atau tiada.

Syarah;

Hukum adat adalah sebuah kejadian  yang selalu berulang. seperti contoh Ada api maka ada panas  ketika salah satu dari anggota badan kita  menyentuhnya.Dan kejadian itu selalu saja berulang.Kalau tidak berulang maka tidak di kategorikan hukum adat akan tetapi masuk dalam katagori hukum akliy. Dan akal seketika itu mengatakan “Jaiz” (boleh).

TAFSILNYA;

اتصال عند ارتبا ط السبب وا لمسبب با لتكرر مع صحة تخا لفه وعد م تا ثيره
Pergandengan yang ada kaitannya antara penyebab dan yang di sebabinya,karena sering terjadi serta syah gagalnya dan tidak ada bekas yg ditinggalkan.

Materi kata اتصال(kontak pergandengan yang berhubungan )seperti kenyang sebab makan,panas sebab api,segar sebab mandi,benda jatuh ke bawah. jika ada di sebagian orang yang menyatakan seperti Rumah yang posisinya tegak lurus pada jalan (Tusuk sate) maka jika di tempati orang berumah tangga akan banyak masalah besar terjadi, padahal antara posisi Rumah dan banyaknya masalah besar sama sekali tidak ada hubungannya dan hal seperti ini adalah bid,ah(MITOS) bukan hukum adi.

Materi kata با لتكرر(seringnya terjadi) kejadianya harus sering terjadi seperti kenyang sebab makan, panas sebab api, segar sebab mandi, air mengalir ke tempat yang rendah jika sifatnya sekali-sekali(insiden) maka tidak bisa dikatakan Hukum adi seperti mujizat para Nabi, karomah para wali, sihir… inilah yang di sebut Khowarikul Adi.

Materi kata مع صحة تخا لفه(syah gagalnya)pergandengan adi ini bisa gagal seperti orang makan tidak kenyang-kenyang, api tidak membakar, air mengalir ketempat yang tinggi, benda berat jatuh ke atas ini juga masuk kategori khowariqul Adi.

Materi kata وعد م تا ثيره (tidak membekasi) hangus terbakar bukan karena Api walaupun secara kasat mata sepertinya api yang membakar, kenyang setelah makan bukan karena makan, terangnya siang bukan karena sinar matahari tetapi karena Qudrat & irodatnya Allah semata.

Ketika api tertempel dikulit maka ALLAH jadikan panas seketika itu pada kulit. kalo ALLAH mampu menjadikan api panas maka ALLAH mampu pula menjadikan kilit tangan itu panas bukan dgn bantuan api.

ketika makanan masuk kedalam perut seketika itu pula ALLAH jadikan kita kenyang bukan dgn bantuan si makanan.

ketika kita bermimpi sering kita melihat dalam mimpi kita keadaan yg terang namun tidak kita dapati matahari dalam mimpi kita itu karna ALLAH tidak butuh bantuan matahari untuk menimbulkan terang.

Kontak persambungan itu ada 4 :
1.Hubungan antara wujud dengan wujud  :  wujud api wujud panas
2.Hubungan antara Wujud dengan Adam  : Wujud api adam dingin
3.Hubungan antara adam dengan wujud    :  Adam api wujud dingin
4.  Hubungan antara adam dengan adam    : adam api adam panas
( wujud = ada.  adam = tidak ada )

Kesalahan persefsi tentang Hukum Aqli & Hukum Adi

Hukum Adi kebanyakan orang mengucapkannya dengan “Logika”.Walaupun kebanyakan orang memahami Logika adalah Identik dengan Hukum Akal dan ini adalah pemahaman yang keliru ‘sebenarnya Logika masih dalam Kategori Hukum Adi.Hukum Adi juga biasa di sebut Sunatullah.Antara Hukum Adi,Aqli dan Syar,i mempunyai penDefinisian sendiri-sendiri & penerapan Hukumnya masing-masing.Kendatipun demikian tidak akan pernah terjadi pertentangan di antara ke 3 Hukum tersebut.ke 3 Hukum tersebut selalu mengenai kita di dalam kehidupan keseharian dan berjalan selaras.Pelanggaran terhadap ke 3 Hukum tersebut mempunyai Resiko masing-masing.

Resiko melanggar Hukum:

1.Pelanggaran terhadap Hukum syar,i adalah Dosa(besar maupun kecil tergantung pelanggarannya)seperti meninggalkan sholat,minum khamr,berdusta dll
2.pelanggaran terhadap Hukum Aqli adalah Kufur seperti ber I,tiqod bahwasannya Tuhan(Allah:Red) itu menempat,Alam itu Qodim,Tuhan berorgan Tubuh dll
3.Pelanggaran terhadap Hukum Adi adalah Rusaknya badan seperti tidak berobat tatkala sakit,kebanyakan merokok,kurang tidur dll..

Kejadian yang di luar Hukum Adi (Khowarikul Adi)

Khowarikul Adi adalah kejadian di luar kebiasaan,/ diluar Hukum Adi seperti :
1.Irhash : kejadian luar biasa pada Calon Nabi(nabi masih kecil:Red)
Selalu Menaunginya Awan pada Rasul Saw pada Waktu beliau dalam perjalanan Niaga Ke Syam.

2.Mujizat:kejadian luar biasa pada Nabi dan Rosul
Tongkat Nabi Musa bisa membelah Lautan

3.Karomah:kejadian luar biasa pada para Waliyullah
Sunan Kalijaga 3 Tahun menunggu ke datangan Sunan Bonang

4.Maunah:kejadian luar biasa pada orang mukmin yang soleh
Terselamatkan dari kejadian yang membahayakan

5.istidjrod:kejadian luar biasa pada Mukmin yang fasiq
Bisa meramal nasib orang,

6.Ihanah:Kejadian luar biasa pada orang kafir
Mempunyai ilmu Sihir,tenung dll.

Kata Adat yang bukan Hukum Adat

1.Di pulau Bali berlaku Hukum Adat Setempat maksudnya Hukum adat yang berlaku di Bali
2.Orang itu Adatnya keras maksudnya Wataknya
3.Reog adalah Adat dari Ponorogo maksudnya kebudayaan daerah Ponorogo.

Tentang Daarulmajaadzib

KAJIAN STUDI TAUHID - Membangun Manusia yang Berketuhanan Yang Maha Esa Seutuhnya
Pos ini dipublikasikan di Tauhid. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s